https://ojs-inspire.pib.ac.id/index.php/inspire/issue/feed INSPIRE : Journal of Culinary, Hospitality, Digital & Creative Arts and Event 2023-12-20T01:33:38+00:00 Dinar Sukma Pramesti, S.T., M.T [email protected] Open Journal Systems <p><strong>INSPIRE<br /></strong>(Journal of Culinary, Hospitality, Digital &amp; Creative Arts and Event)</p> <p>Publish by Politeknik Internasional Bali</p> https://ojs-inspire.pib.ac.id/index.php/inspire/article/view/9 Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Seni Kuliner Terhadap Kualitas Kitchen Politeknik Internasional Bali 2023-06-20T03:24:05+00:00 Verola Villy Varbella [email protected] Elena [email protected] Beby Hezki Iqlima [email protected] Dinar Sukma Pramesti [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan mahasiswa seni kuliner terhadap kualitas kitchen di Politeknik Internasional Bali menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Melalui pengumpulan data dari mahasiswa melalui kuesioner, penelitian ini menerapkan beberapa teori yang relevan, termasuk Teori Kepuasan Pelanggan, <em>Teori Expectancy-Value,</em> Teori Keterlibatan Mahasiswa, dan Teori Kualitas Layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa seni kuliner di Politeknik Internasional Bali merasa puas dengan kualitas kitchen yang disediakan. Dengan menerapkan teori-teori yang relevan, penelitian ini memberikan pemahaman yang komprehensif tentang faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kepuasan mahasiswa seni kuliner. Dengan memahami kebutuhan dan harapan mahasiswa, Politeknik Internasional Bali dapat mengidentifikasi area perbaikan yang perlu diperhatikan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih baik. Penelitian ini juga berpotensi memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan pendidikan vokasi di bidang seni kuliner, dengan memastikan bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman pembelajaran yang optimal dan dapat mengembangkan keterampilan mereka secara efektif.</p> 2023-12-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 INSPIRE : Journal of Culinary, Hospitality, Digital & Creative Arts and Event https://ojs-inspire.pib.ac.id/index.php/inspire/article/view/10 Inovasi Pengolahan Beras Merah Menjadi Bolu Gulung Sebagai Oleh-Oleh Khas Jatiluwih 2023-07-14T08:50:07+00:00 Fionna Nurlita Gaisani [email protected] Billy Tanius [email protected] Ni Nyoman Widani [email protected] <p>Jatiluwih menghasilkan beras merah yang melimpah, penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi tersebut dan menciptakan sebuah produk olahan yang bernilai tambah, yaitu bolu gulung beras merah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode <em>Research and Development</em> (R&amp;D), yang melibatkan pengumpulan data tentang beras merah lokal dan karakteristiknya, serta eksplorasi bahan dan resep bolu gulung yang telah ada. Berdasarkan data tersebut, dilakukan pengembangan untuk mengintegrasikan beras merah dalam adonan bolu gulung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pengolahan beras merah menjadi bolu gulung dengan tiga varian rasa yaitu, original, pandan, dan taro sebagai oleh-oleh khas Jatiluwih memiliki potensi yang menjanjikan. Uji organoleptik dan uji hedonik menyatakan bahwa produk bolu gulung dengan penggunaan beras merah mendapatkan tingkat penerimaan yang tinggi dari panelis umum dan panelis ahli. Diharapkan inovasi ini dapat diimplementasikan secara luas dan mendukung pengembangan ekonomi lokal serta pariwisata di Jatiluwih.</p> 2023-12-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 INSPIRE : Journal of Culinary, Hospitality, Digital & Creative Arts and Event https://ojs-inspire.pib.ac.id/index.php/inspire/article/view/13 Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung di Museum Sejarah Kota Tua Jakarta 2023-07-14T07:00:17+00:00 Janice Gabriella Kencana [email protected] Dewanta Facrureza [email protected] <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh citra destinasi terhadap minat berkunjung wisatawan di Museum Sejarah Kota Tua Jakarta serta memberikan masukan dan saran bagi pengelola sebagai pertimbangan untuk mengetahui citra destinasi apa yang dapat dikembangkan dikemudian hari sehingga dapat mempertahankan serta meningkatkan minat kunjungan wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuisioner sebanyak 100 sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama citra destinasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berkunjung secara parsial. Kedua, citra destinasi secara simultan memiliki pengaruh yang yang positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan ke Museum Sejarah Kota Tua Jakarta.</p> 2023-12-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 INSPIRE : Journal of Culinary, Hospitality, Digital & Creative Arts and Event https://ojs-inspire.pib.ac.id/index.php/inspire/article/view/14 Inovasi Selai Bunga Marigold Sebagai Produk Olahan Selai 2023-07-14T06:59:47+00:00 Filicia Elanda Tanago [email protected] Heru Pramudia [email protected] Dinar Sukma Pramesti [email protected] <p>Inovasi selai bunga marigold nmerupakan hal yang baru bagi masyarakat juga di dalam industri makanan, Penelitian ini diangkat dengan tujuan untuk mengetahui pengembangan dari selai yang ditemui pada umumnya menggunakan bunga marigold yang kaya akan manfaat bagi tubuh manusia, Penelitian ini juga dilakukan agar menjadi edukasi bagi masyarakat juga orang-orang yang menempuh pendidikan dalam bidang kuliner. Metode penelitian yang digunakan dalam karya ini merupakan metode <em>research and development </em>serta uji hedonik. Metode uji hedonik telah dilakukan dengan 20 panelis umum yang dipilih secara acak dan terdapat tujuh panelis ahli yang telah ditentukan oleh pihak kampus. Teori yang digunakan adalah teori inovasi, penelitian ini menghasilkan resep baru yaitu selai bunga marigold. Hasil nilai rata-rata keseluruhan dari uji hedonik untuk produk ini adalah 4.70. Maka dapat disimpulkan bahwa para panelis yang sudah ikut ambil bagian dalam penilaian ini memberikan respon yang cukup positif dengan produk inovasi selai bunga marigold didukung dengan saran dan komentar bagi produk ini agar bisa menjadi lebih baik.</p> 2023-12-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 INSPIRE : Journal of Culinary, Hospitality, Digital & Creative Arts and Event https://ojs-inspire.pib.ac.id/index.php/inspire/article/view/18 Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung di Objek Wisata Kampung Marunda Jakarta Utara 2023-07-21T00:38:33+00:00 Vincent Claudius [email protected] Imam Ardiansyah [email protected] <p style="font-weight: 400;">Kampung Marunda adalah tujuan populer bagi wisatawan internasional dan domestik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah daya tarik visual memiliki peran dalam mempengaruhi keputusan wisatawan untuk mengunjungi Kampung Marunda, sebuah lingkungan di Jakarta Utara. Ada total 99 peserta dalam sampel yang digunakan untuk analisis ini. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan strategi penelitian deskriptif. Meskipun uji T tidak menemukan hubungan yang signifikan secara statistik antara dimensi Ketertarikan dan Minat Mengunjungi Kampung Marunda Jakarta Utara, namun terdapat hubungan yang signifikan secara statistik antara dimensi Aksesibilitas dengan Amenitas dan Minat Mengunjungi Kampung Marunda Jakarta Utara. Uji F menunjukkan bahwa minat berkunjung ke Kampung Marunda Jakarta dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas secara bersamaan.</p> 2023-12-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 INSPIRE : Journal of Culinary, Hospitality, Digital & Creative Arts and Event https://ojs-inspire.pib.ac.id/index.php/inspire/article/view/38 Cita Rasa Kuliner Generasi Z Bali Untuk Menyukseskan Program Pariwisata Budaya Berkelanjutan 2023-12-19T01:03:47+00:00 Putu Agung Prianta [email protected] Anastasia Sulistyawati [email protected] <p>Generasi Z (Gen-Z) sebagai konsumen utama di waktu sekarang dan mendatang mempunyai peran dalam membentuk lanskap kuliner. Gen-Z Bali masih menyukai cita rasa kuliner tradisionalnya, karena sudah menjadi gaya hidup. Tujuan penelitian adalah untuk memahami penyebab Gen-Z tetap mencintai cita rasa kuliner tradisinya dan mendeskripsikan upaya masyarakat Bali memotivasi kreativitas Gen-Z dalam memodifikasi dan mengkomoditisasi kuliner tradisionalnya ke dunia internasional. Teori yang digunakan adalah gastronomi, motivasi dan pemasaran digital. Metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data, observasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gen-Z Bali tetap mencintai cita rasa Kuliner Tradisional Bali (KTB) karena selalu mengadakan lomba rutin (KTB), acara keagamaan, ketersediaan bahan baku, warisan budaya, cita rasa yang lezat, pemasaran digital. Cara memotivasi generasi Z adalah: (1) motivasi <em>n-ach</em>, pengakuan atas prestasi kreatif dan pemberian tantangan yang merupakan faktor penting bagi individu untuk menciptakan inovasi. (2) Dari segi motivasi <em>n-pow</em>, memberikan tanggung jawab dan mendorong kepemimpinan. (3) motivasi <em>n-aff</em>, dapat melibatkan Gen-Z dalam proyek kolaborasi dan menyebarkan cerita. Strategi tambahannya adalah dengan memanfaatkan teknologi dan media sosial, mendorong inovasi berkelanjutan, serta memberikan dukungan dan pendampingan.</p> 2023-12-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 INSPIRE : Journal of Culinary, Hospitality, Digital & Creative Arts and Event