Dampak Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Menggunakan Media Sosial Instagram: Tinjauan Literatur
DOI:
https://doi.org/10.46837/inspire.v2i1.46Keywords:
Tinjauan Literatur, Strategi Pemasaran, Media Sosial, Instagram, Minat BeliAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengalami kemajuan pesat dalam beberapa dekade terakhir, terutama dengan munculnya internet dan media sosial. Media sosial, yang awalnya hanya berfungsi sebagai platform untuk berkomunikasi, kini telah berkembang menjadi alat multifungsi yang mencakup berbagai aspek kehidupan manusia. Instagram, sebagai salah satu platform media sosial yang paling populer, menawarkan berbagai fitur yang relevan untuk pemasaran seperti Instagram Ads, dan Stories. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis dampak strategi pemasaran di Instagram terhadap minat beli konsumen dengan mengkompilasi temuan-temuan dari berbagai penelitian terdahulu. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melalui literatur review yang meliputi penilaian dan analisis artikel dan jurnal ilmiah terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai strategi pemasaran di Instagram, mulai dari penggunaan fitur Reels, strategi komunikasi pemasaran digital, penggunaan influencer, konten pemasaran dan citra merek, kemudahan akses dan interaksi, hingga promosi dan testimoni, terbukti efektif dalam meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan praktis bagi para pemasar dalam merancang strategi yang lebih efektif di Instagram serta menyediakan dasar teori yang kuat untuk penelitian lanjutan dalam bidang pemasaran digital dan media sosial.