Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik (Educampus) Politeknik Internasional Bali Menggunakan Metode Webqual 4.0

Authors

  • I Gede Dody Okta Biantara Politeknik Internasional Bali
  • I Made Kresna Dana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.46837/inspire.v2i1.49

Keywords:

Sistem Informasi Akademik, WebQual 4.0, Analisis Sistem Informasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas Sistem Informasi Akademik (EDUCAMPUS) di Politeknik Internasional Bali dengan menggunakan metode WebQual 4.0. Metode WebQual 4.0 digunakan untuk mengevaluasi persepsi pengguna terhadap dimensi-dimensi kualitas seperti usability, informasi, interaktivitas, dan desain. Metodologi penelitian melibatkan survei kepada pengguna EDUCAMPUS dengan menggunakan kuesioner berbasis WebQual 4.0. Mayoritas responden mengakses website akademik secara sering (32%) dan merasa kualitas website saat ini baik (42%), meskipun masih ada beberapa masalah yang ditemui seperti tampilan yang kurang menarik dan informasi yang kurang akurat. Sebagian besar responden (53%) merasa layanan website cukup sesuai dengan harapan mereka. Uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini reliabel, dengan nilai Cronbach's Alpha > 0.9. Uji validitas juga menunjukkan bahwa semua indikator yang digunakan valid. Hasil uji paired sample t-Test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua nilai yang diuji. Pengolahan data menggunakan Webqual Index menemukan bahwa informasi dan kualitas layanan interaksi dianggap penting oleh responden, sementara aspek empathy dan desain website dianggap kurang penting. Analisis kesenjangan menunjukkan bahwa kualitas website saat ini belum sesuai dengan harapan pengguna, terutama dalam kualitas layanan interaksi, dan keamanan informasi pribadi. Hasil Importance-Performance Analysis menunjukkan bahwa penyediaan informasi yang mudah dimengerti menjadi prioritas dalam perbaikan sistem, sementara beberapa indikator lain telah memenuhi harapan pengguna. Implikasinya, pihak perguruan tinggi harus lebih memperhatikan penyediaan informasi yang mudah dimengerti agar website menjadi lebih efektif bagi penggunanya.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

I Gede Dody Okta Biantara, & I Made Kresna Dana. (2024). Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik (Educampus) Politeknik Internasional Bali Menggunakan Metode Webqual 4.0. INSPIRE : Journal of Culinary, Hospitality, Digital &Amp; Creative Arts and Event, 2(1), 43–55. https://doi.org/10.46837/inspire.v2i1.49