EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA: SEBUAH KAJIAN LITERATUR

Authors

  • I Ketut Gunarsa
  • Diky Budiman Politeknik Internasional Bali

DOI:

https://doi.org/10.46837/inspire.v2i2.61

Keywords:

Desa, Efektivitas, Media Sosial, Wisata

Abstract

Pada zaman digital saat ini banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan sebuah desa wisata. Media sosial muncul sebagai tempat atau wadah yang sangat baik untuk dapat dipergunakan dalam promosi destinasi wisata. Keterjangkauan yang luas kepada audiens dalam hal ini wisatawan dalam dan luar negeri yang besar dan beragam, memberikan kesempatan bagi media social seperti Instagram, Facebook, dan TikTok mampu memberikan informasi dalam bentuk platform bagi desa-desa wisata untuk menampilkan keunikan mereka secara visual dan interaktif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi efektivitas media sosial dalam pengembangan desa wisata melalui kajian literatur yang komprehensif. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review. Hasil yang diperoleh dari telaah literatur yang dilakukan yakni, platform media sosial Instagram merupakan sebuah wadah yang paling efektif dalam promosi desa wisata jika dikelola dengan baik, menggunakan konten berkualitas, dan didukung oleh sinergi antar pemangku kepentingan. Namun, optimalisasi pengelolaan akun dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia tetap merupakan tantangan yang perlu diatasi untuk mencapai hasil terbaik.

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

I Ketut Gunarsa, & Budiman, D. (2024). EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. INSPIRE : Journal of Culinary, Hospitality, Digital &Amp; Creative Arts and Event, 2(2), 89–97. https://doi.org/10.46837/inspire.v2i2.61