Efektivitas Program Pelatihan dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di The Westin Resort Nusa Dua Bali
Keywords:
Efektivitas, Program Pelatihan, Kinerja KaryawanAbstract
The Westin Resort Nusa Dua Bali melaksanakan program pelatihan rutin di setiap departemen untuk meningkatkan kinerja karyawan. Pada tahun 2021, jumlah jam pelatihan tidak mencapai standar minimum yang ditetapkan yaitu kurang dari 50 jam/tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis implementasi dan efektivitas program pelatihan dalam meningkatkan kinerja karyawan menggunakan teori kinerja dan teori efektivitas, serta metode-metode campuran. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, survei, studi literatur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan terbagi menjadi dua, yaitu pelatihan umum dan pelatihan departemen. Implementasi kegiatan pelatihan memperhatikan 1) Materi pelatihan, 2) Metode pelatihan, 3) Pelatih yang sesuai dengan pelatihan di setiap departemen. Efektivitas program pelatihan dilihat dari uji statistik deskriptif terhadap materi pelatihan, metode pelatihan, dan pelatih telah menunjukkan skor 4 pada setiap indikator dari 205 responden, yang berarti bahwa program pelatihan tersebut sesuai dan efektif. Penelitian ini menemukan bahwa jumlah jam pelatihan yang tidak mencapai standar minimum dapat mencapai efektivitas jika 1) Materi pelatihan, 2) Metode pelatihan, dan 3) Pelatih sesuai dengan pelatihan di setiap departemen.