Preferensi Turis dalam Memilih Makanan Ramen di Area Canggu

Authors

  • Audric Elvettio Politeknik Internasional Bali
  • Billy Tanius Politeknik Internasional Bali
  • Ni Ketut Veri Kusumaningrum Politeknik Internasional Bali

Keywords:

Preferensi, Ramen, Persepsi, Canggu

Abstract

Preferensi konsumen menunjukkan kesukaan para konsumen dari berbagai jasa yang ada, baik bentuk fisik maupun nonfisik. Preferensi juga dapat didefinisikan sebagai pilihan suka atau tidak suka oleh seseorang terhadap suatu produk, barang, atau jasa yang dikonsumsi dan dipengaruhi oleh persepsi individu tersebut. Di area Canggu, di mana turisme Bali sedang berkembang dengan pekat, berbagai restoran ramen muncul walaupun makanan yang tidak berasal dari Bali ataupun Indonesia. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yang berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi para konsumen. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan data kualitatif dari observasi dan studi literatur dan data kuantitatif yang didapatkan dari kuesioner yang diberikan kepada para turis di restoran ramen area Canggu. Penelitian ini dilakukan untuk menguji preferensi dan persepsi para turis di area Cangu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi dan preferensi. Setelah dilakukan penelitian ditemukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi tersebut yaitu karakteristik ramen, umur konsumen, frekuensi mengkonsumsi ramen, dan persepsi konsumen terhadap budaya Jepang.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Elvettio, A., Billy Tanius, & Ni Ketut Veri Kusumaningrum. (2023). Preferensi Turis dalam Memilih Makanan Ramen di Area Canggu. INSPIRE : Journal of Culinary, Hospitality, Digital &Amp; Creative Arts and Event, 1(1), 37–49. Retrieved from https://ojs-inspire.pib.ac.id/index.php/inspire/article/view/6